Selasa, 17 Februari 2015

Nikmati Keseruan Mengenang Masa Lalu Dengan Permainan Jadul di Komunitas Hong Bandung

Kangen dengan aneka permainan jadul yang sering Anda mainkan saat masih kecil? Jika ya, maka saatnya Anda mengunjungi tempat wisata di Bandung yaitu Komunitas Hong. Di sini, Anda bisa menikmati aneka permainan zaman dahulu seperti enggrang, gobak sodor hingga aneka permainan lainnya.

Komunitas Hong adalah suatu komunitas yang terletak dekat dengan Taman Hutan Raya Djuanda. Komunitas ini digagas oleh seorang Dosen Seni Rupa di Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI), M. Zaini Alif. Selain sebagai Dosen Seni Rupa, ia juga merupakan salah satu orang yang yang mencintai permainan jadul.

Permainan-permainan seperti gobak sodor, sorodot gaplok dan lainnya memang saat ini telah jarang ditemukan. Sehingga pastinya, komunitas ini menjadi pelepas kerinduan Anda akan masa lalu dan permainan masa lalu.

Hong sendiri berasal dari ungkapan permainan ucing-ucingan. Kata Hong akan diucapkan saat ada lawan main yang ditemukan. Hong sendiri berarti ketemu dalam bahasa Sunda. Dari sekedar komunitas kecil, kini berubah menjadi sebuah tempat wisata di Bandung yang wajib Anda kunjungi.

Setidaknya ada 250 permainan tradisional dari Sunda yang berhasil dikumpulkan oleh komunitas ini. Tak hanya permainan lokal saja. Permainan tradisional dari Negara lain pun bisa Anda temukan di komunitas ini.
enggrang
Suasana asri dan khas Sunda menjadi ciri khas dari tempat ini. Saat Anda masuk, maka Anda akan menemukan leuit atau lumbung padi khas Sunda. Leuit sendiri bagi orang Sunda memiliki arti sebagai simbol kemakmuran. Selanjutnya, Anda juga akan menemukan halaman yang digunakan untuk bermain.

Permainan tradisional yang berkembang di Indonesia tidak hanya sekedar permainan untuk mengisi waktu luang saja. Namun juga memiliki makna untuk membentuk watak anak menjadi lebih sportif, cerdas dan tangkas.

Komunitas Hong sendiri didirikan untuk menjaga dan memelihara beragam permainan yang saat ini telah semakin jarang atau sulit untuk ditemukan. Jadi, jika Anda rindu dan ingin kembali mencoba dan mengenang permainan jadul yang Anda ketahui. Maka tak ada salahnya untuk datang ke tempat wisata di Bandung ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar